Perluas Jangkauan Calon Santri dengan Aplikasi PSB Online

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape

Perluas Jangkauan Calon Siswa dengan Aplikasi PPDB Online

Pelaksanaan PPDB sekarang terhalang oleh adanya pandemi. Kondisi ini membuat sekolah harus menerapkan protokol kesehatan dalam proses penerimaan siswa baru. Sejumlah dinas pendidikan di daerah kemudian menyusun teknis PPDB, salah satunya menggelar PPDB secara online untuk mencegah penyebaran pandemi.

Hal tersebut berdasarkan surat edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 pada 24 Maret 2020. Surat edaran tersebut berisi upaya mencegah penyebaran covid-19, termasuk berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah. Berikut akan dijelaskan pentingnya sistem PPDB secara online dan pentingnya menggunakan Aplikasi PPDB Online .

Perluas Jangkauan Calon Siswa dengan Aplikasi PPDB Online

Pentingnya Proses PPDB

PPDB merupakan program yang dirancang setiap lembaga penyelenggara pendidikan. Berbagai cara dilakukan untuk melaksanakan program PPDB baik melalui sosialisasi, publikasi melalui media cetak, maupun publikasi online. Setiap memasuki waktu PPDB, banyak ditemui spanduk, pamflet, spanduk promosi setiap lembaga penyelenggara pendidikan. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah mempromosikan lembaga pendidikan serta mencari peserta didik baru. 

Setiap instansi baik negeri maupun swasta, setiap ajaran baru selalu merencanakan program PPDB. Itu dilakukan untuk memenuhi target siswa setiap tahunnya. Ada anggapan ketika sekolah yang memiliki integritas baik dan tidak berhasil meningkatkan jumlah peserta didik baru akan memiliki tren buruk di kalangan umum. Selain itu, jika sekolah yang dibilang masih baru atau tidak maju tidak melakukan program PPDB maka jumlah siswa menjadi sedikit. Hal tersebut juga akan menimbulkan tren atau citra kurang baik di kalangan masyarakat umum. Maka dari itu, melaksanakan program PPDB merupakan hal penting bagi setiap lembaga pendidikan.

Pentingnya Sistem PPDB Online

Penerapan sistem PPDB online merupakan hal yang sangat penting. Selain menghindari menghindari calon siswa dan wali siswa, penggunaan sistem PPDB online juga menerapkan dasar-dasar penerapan PPDB. Dasar penerapan PPDB meliputi objektif, transparansi, akuntabilitas, dan tidak diskriminatif. Dasar-dasar tersebut dapat terlaksana dengan baik apabila menggunakan aplikasi PPDB online.

Aplikasi PPDB online dimunculkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya bagi calon siswa dan wali siswa agar dapat melaksanakan sekolah dengan aman dan tertib. Aplikasi PPDB online dapat diakses secara langsung menggunakan internet. Dengan menggunakan aplikasi tersebut semua kegiatan PPDB seperti proses pendaftaran, seleksi, tes, hingga hasil penerimaan siswa baru dapat diakses secara langsung.  

Tujuan Penggunaan Aplikasi PPDB Online [T2] 

Adanya aplikasi PPDB online diharapkan mampu memenuhi beberapa tujuan. Pertama , diharapkan mampu meningkatkan kualitas atau mutu layanan yang ada di lembaga pendidikan. Kedua , membuat sistem penerimaan siswa baru menjadi terintegrasi, mengelola data akurat, dan transparansi hasil PPDB. Ketiga , membuat penerimaan siswa baru menjadi lebih praktis dan efisien dalam segi biaya dan waktu. Keempat , memberi akses informasi yang mudah, cepat, dan akurat bagi masyarakat khususnya calon siswa dan wali siswa.

Manfaat Penggunaan Aplikasi PPDB Online

Manfaat penggunaan aplikasi PPDB online selain dapat dirasakan di sekolah juga dapat dirasakan manfaatnya oleh calon siswa atau wali siswa. Manfaat yang didapat lembaga pendidikan, 1) memberi akses luas ke masyarakat khususnya calon siswa dan wali siswa, 2) efisiensi biaya yang dikeluarkan lembaga pendidikan dalam proses PPDB, 3) meningkatkan reputasi lembaga pendidikan karena menjadi lebih profesional dan maju, 4) mengurangi adanya KKN, dan 5) meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penguasaan teknologi informasi.

Manfaat yang didapatkan oleh calon siswa dan wali siswa, 1) memudahkan akses informasi penerimaan siswa baru, 2) memudahkan proses pendaftaran siswa baru, 3) pelayanan yang memuaskan dari pihak lembaga pendidikan, 4) meningkatkan dan memudahkan proses PPDB, 5) meningkatkan percaya calon siswa dan wali siswa karena adanya transparansi dari hasil PPDB.

Proses Pendaftaran Dilaksanakan Secara Online

Lembaga pendidikan yang menggunakan aplikasi PPDB online dapat melakukan proses pendaftaran siswa baru secara berani atau online. Biasanya, jika sekolah masih menggunakan aplikasi ppdb biasa calon siswa masih harus mendatangi lembaga pendidikan untuk melakukan verifikasi data secara langsung. Akan tetapi, dalam kondisi yang seperti ini tidak memungkinkan untuk berkerumun.

Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan Aplikasi PPDB Online. Salah satu keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah calon siswa tidak perlu lagi melakukan verifikasi data secara langsung ke lembaga pendidikan. Verifikasi data dapat dilakukan secara online pula oleh petugas dari lembaga pendidikan. Calon siswa hanya perlu mengunggah persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan pilihan calon siswa.

Calon siswa dapat menggunakan perangkat komputer, tablet, maupun gawai untuk melakukan pendaftaran. Untuk berbeda setiap pendaftaran lembaga pendidikan memiliki alur dan  Aplikasi PPDB Online dapat disesuaikan sesuai alur pendaftaran siswa baru setiap lembaga.

Ujian Dilaksanakan secara Online

Dengan menggunakan Aplikasi PPDB Online ujian masuk dapat dilakukan secara online atau CBT (Computer Based Test). Jadi, calon siswa tidak perlu lagi melakukan tes secara offline. Selain itu, dengan menggunakan sistem tes secara online lembaga pendidikan lebih menghemat pengeluaran karena tidak menggunakan kertas. Lembaga juga membantu karena tenaga tidak perlu melakukan pengawasan secara langsung. Data-data hasil tes akan terintegrasi dan penting dalam Aplikasi PPDB Online sehingga tidak perlu melakukan pengelolaan hasil tes secara manual.

Ujian yang dilaksanakan secara online dapat mengevaluasi bahwa lembaga pendidikan mengikuti perkembangan teknologi. Pasalnya, lembaga yang mengikuti perkembangan teknologi secara positif akan dipandang lebih baik di masyarakat umum.

Semua Notifikasi Diinformasikan Melalui WhatsApp

Pada awal pembuatan akun calon siswa diminta untuk mengisi nomor WhatsApp aktif. Nomor WhatsApp ini nantinya akan digunakan sebagai media penyampai informasi. Hal-hal yang dapat diinfokan melalui notifikasi WhatsApp adalah 1) username dan password akun, 2) hasil penerimaan siswa baru, dan 3) apabila PPDB lembaga Anda berbayar, calon siswa juga akan mendapat notifikasi pembayaran.

Notifikasi WhatsApp merupakan salah satu fitur unggulan dari Aplikasi PPDB Online. Dengan notifikasi WhatsApp calon siswa dan walinya tidak perlu khawatir apakah pembuatan akun dan pembayaran berhasil atau tidak karena sudah diinformasikan. Selain itu, calon siswa tidak perlu repot membuka laman PPDB untuk melihat hasil penerimaan murid baru. Fitur ini sangat membantu lembaga pendidikan dalam menyampaikan informasi yang lebih mudah dan efisien.

 

Dari paparan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan Aplikasi PPDB Online merupakan solusi tepat untuk lembaga sekolah dalam melaksanakan proses PPDB. Hal tersebut dikarenakan lebih banyak sisi positif yang didapatkan apabila menggunakan aplikasi tersebut. Untuk mendapatkan layanan Aplikasi PPDB Online untuk lembaga pendidikan Anda dapat mengunjungi laman ppdbsekolah.com atau coba demonya di demo.ppdbsekolah.com. Laman tersebut juga memuat informasi mengenai fitur serta keunggulan lain dari Aplikasi PPDB Online.

Brosur Fyer Software Aplikasi Sistem PPDB Sekolah Online

Info lainnya Hubungi:

Telp/WhatsApp       : 0812-3364-0003 / bit.ly/wa_ppdbsekolah

FB | IG | YT               : @ppdbsekolahcom

Website                       : PPDBSekolah.com

PPDBSekolah l Online-kan PPDB Sekolahmu Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *