Mudah Buat Brosur PSB di Canva

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Mudah Buat Brosur PSB

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan alat-alat promosi untuk penerimaan santri baru. Salah satu hal penting yang perlu disiapkan adalah brosur pesantren. 

Saat ini membuat sebuah desain brosur dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan aplikasi. Ingin mengetahui cara membuat brosur penerimaan siswa baru secara mudah? Simak artikel di bawah ini.

 

Cara Buat Brosur PSB di Canva

1. Buka canva melalui canva.com

Disarankan untuk membuka canva di browser PC atau laptop untuk memaksimalkan proses pembuatan brosur.

 

2. Pilih template khusus untuk brosur 

Masukkan kata kunci “Penerimaan Santri/Siswa Baru”, lalu klik enter. Pilih template sesuai kebutuhan pesantren dan mulai edit brosur. Dalam membuat brosur PSB perlu diperhatikan untuk mencantumkan kelengkapan profil pesantren, font tulisan, pemilihan warna dalam desain, serta ukuran & format brosur yang diinginkan.

 

3. Tambahkan QR Code 

Agar lebih menarik dan elegan, bisa menambahkan QR Code yang berisi link informasi pesantren, contohnya website pesantren ataupun link untuk melakukan pendaftaran secara online.

 

4. Download Brosur

Setelah selesai, periksa kembali brosur yang Anda buat. Pastikan informasi yang disampaikan sudah tepat. Untuk mendownload brosur klik tombol “Bagikan” yang ada di pojok kanan atas laman desain Canva.

Pilih opsi “Unduh” untuk men-download desain PSB. Sebaiknya unduh dalam format PNG atau PDF untuk kualitas gambar yang bagus.

 

Baca Juga: Tips Mudah Entri Data Pendaftar dengan PSBPesantren.id

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Brosur PSB

Di Canva, semua orang bisa membuat desain brosur dengan tampilan yang menarik dan informatif. Meski begitu, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan.

 

  • Kelengkapan Profil Pesantren

Perihal pertama yang amat penting dalam membuat brosur PSB adalah kelengkapan profil pesantren. Dalam mendesain brosur di Canva, sebaiknya cantumkanlah logo pesantren.

Agar lebih profesional, gunakanlah logo pesantren dengan gambar tanpa background. Jika logo masih memiliki latar belakang hitam atau putih, hapus terlebih dahulu. 

 

  • Font Tulisan

Karena brosur biasanya memaparkan informasi berupa tulisan, ilustrasi, logo, dan gambar, maka sebaiknya kita gunakan font tulisan yang enak dibaca, tidak terlalu rapat, dan tidak pula terlalu jarang jaraknya.

Tidak disarankan untuk menggunakan font kaligrafi, maupun tulisan dengan jenis huruf kapital semua karena akan menyusahkan pembaca brosur.

 

  • Penggunaan Warna dalam Desain Brosur

Biasanya brosur cetak maupun brosur online itu enak dilihat ketika menggunakan warna gradasi, atau warna solid yang tidak terlalu banyak.

Adapun untuk tulisan, sebaiknya gunakan warna hitam saja. Agar lebih jelas dan terbaca dengan baik, gunakan latar putih, biru, orange, atau warna gelap lainnya.

 

Baca Juga: Pentingnya Membangun Branding untuk Sekolah

 

  • Ukuran dan Format Brosur yang Diunduh

Ingin mencetak brosur dalam format kertas A4 atau ukuran lain yang lebih besar? Jika iya, maka pilihlah desain brosur PSB dengan format persegi panjang atau segi empat. Untuk mencetak brosur dengan ukuran yang cukup besar, maka download dengan format PNG, lalu naikkan kualitasnya hingga penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *